Titus, Alumni Doktor ke 216 UNM

91
Satu lagi doktor yang dilahirkan oleh Program Pascasarjana (PPs) UNM, Titus Tandi Datu yang merupakan Guru SMK 1 Makale Tana Toraja berhasil meriah gelar doktoralnya usai melakukan ujian promosi doktor di Kampus PPs UNM dalam bidang ilmu studi administrasi publik, (27/3). Gelar tersebut diraihnya usai mempertahankan disertasi miliknya yang berjudul Analisis Birokrasi (Studi Pada Pelayanan Publik Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara.
Dalam ujian terbuka yang dipimpin oleh Asisten Direktur 1 PPs UNM, Prof. Dr. Suradi Tahmir, M.Si. Titus mengungkapkan peran birikrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek, penguatan oraganisasi, pembenahan ketatalaksanaan dan penataan dan penguatan SDM.” Konsep ini sangat penting untuk penguatan peran birokrasi untuk dapat mewujudkan local good governance,” ujarnya.
Lebih lanjut, dia mengatakan kualitas pelayanan publik dikatakan berhasil jika pemerintah berupaya untuk melaksanakan penyelenggraan dengan selalu menaati hukum, menghormati hak azasi manusia, menghargai nilai-nilai dasar yang dianut oleh masyarakat, secara sadar dan sistematis membangun fasilitas untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat, menghormati keragaman, suku, etnis, budaya dan agama.
Dalam ujian terbuka tersebut, turut hadir selaku dewan penguji diantaranya, Prof. Dr. Andi Makkulau, Dr. Sulaiman Samad, Prof. Dr. Mannan Sailan, M.Hum, Dr. H. Zainuddin Mustafa, selaku ketua program studi, Prof. Dr. Haedar Akib, bertindak selaku promotor, Prof. Dr. Juanda Nawawi, MS.
Titus menyelesaikan studi mendapatkan IPK 3,67 dengan predikat sangat memuaskan. Pria berdarah Toraja ini sendiri menjadi alumnus doktor ke 139 untuk program studi ilmu administrasi publik.