Teliti Dosen PIP, Kapten Kapal Raih Doktor di UNM

201

Seorang kapten kapal, Sahabuddin Sunusi, berhasil meraih gelar doktor dalam Ilmu Pendidikan di Program Pascasarjana (PPs) UNM, Rabu (4/11). Sahabuddin berhasil mempertahankan hasil penelitian dihadapan penguji pada sidang promosi sebelum akhirnya mendapat gelar doktor.

Dalam penelitiannya, Sahabuddin yang pernah berlayar sampai eropa ini, mengangkat judul Pengaruh Kemampuan Mengajar Dosen dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Menurutnya, kemampuan mengajar dosen tidak berpengaruh secara positif terhadap motivasi belajar taruna PIP Makassar. Sahabuddin menuturkan, hal tersebut karena dosen terlalu menerapkan kedisiplinan sehingga taruna merasa tegang dalam belajar. “Dosen lebih banyak berceramah dan tidak menerapkan metode yang bervariasi,” tuturnya.

Sahabuddin melanjutkan, kondisi lelah atau fatik yang disebabkan banyaknya aktifitas taruna sehingga waktu istirahat tidak mencukupi menjadi salah satu faktor penurunan hasil belajar.

Selain itu, dalam desertasinya, Sahabuddin menyarankan agar dosen dapat memfasilitasi taruna dalam melaksanakan model pembelajaran yang yang menarik sehingga adanya peningkatan hasil belajar.

Selaku ketua sidang ujian promosi doktor, Direktur PPs UNM, Jasruddin mengatakan, dalam upaya perbaikan negara indonesia, bangsa ini harus terus bergerak kedepan. “Semoga penelitian ini bisa memberikan kontribusi besar untuk PIP se indonesia,” katanya.

Selain Prof Jasruddin, turut hadir Prof. Darman Manda, Prof. Syamsul Bachri, Prof. Suradi Tahmir sebagai penguji, dan Prof. Arifin Ahmad, Prof. Andi Iksan, dan Prof. Arif Tiro selaku promotor dan kopromotor.