PD III FKIP Unismuh Raih Doktor di PPs UNM

273
Pembantu Dekan (PD III) bidang kemahasiswaan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Penndidikan (FKIP), Universitas Muhammmadiyah (Unismuh) Makassar, Drs. Abdul Munir, berhasil meraih gelar doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia, di Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), Selasa (29/12).
Gelar doktor diraih Abdul Munir setelah berhasil mempertahankan hasil penelitiannya  yang berjudul Pengaruh Model Teams Games Tournaments dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbahasa Indonesia, pada sidang promosi yang dihadiri oleh depalan orang penguji.
Abdul Munir mengungkapkan penerapan model Teams Games Tournaments berpengaruh pada hasil belajar siswa dalam berbahasa Indonesia. “Dari hasil yang telah diuji, siswa yang menerapkan model Teams Games Tournaments memperoleh hasil nilai yang lebih tinggi dari pada Jigsaw,” ungkapnya.
Selain itu Adul Munir juga menjelaskan, pada hasil penelitian model Teams Games Tournaments cocok diterapkan untuk semua siswa. “Saya dapat simpulkan model ini dapat diterapkan atau cocok pada semua siswa baik yang siswa dengan hasil belajar rendah maupun tinggi,” jelasnya.
Selaku pimpinan sidang ujian promosi, Prof. Dr. Jasruddin menuturkan penelitian yang dilakukan oleh Abdul Munir cukup menarik dan baik untuk diterapkan. “Tidak ada model pembelajaran yang sempurna, untuk itu pendidiklah yang bisa menerapkan model yang sesuai sehingga hasilnya bisa baik,” tuturnya.
Selain Prof. Dr. Jasruddin, hadir juga Prof. Dr. Ahmad  Tolla selaku ketua prodi Pendidikan Bahasa Indonesia PPs UNM, Prof. Dr. M. Rapi Tang sebagai promotor, Prof. Dr. Johar Amir dan Prof. Dr. Andi Ihsan selaku kopromotor, serta Dr. Salam, Dr. Akmal Hamsa, dan Prof. Dr. Hilaluddin Hanafi selaku penguji.
Sebelumnya, Abdul Munir meraih gelar doktor dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,65 dengan predikat sangat memuaskan.