Mantan Legislator Makassar Raih Doktor di PPs UNM

163

Mantan legislator yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Komisi D Kesra Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar tahun  2009-2013, Rahman, berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Administrasi Publik di Program Pascasarjana (PPs) UNM, Selasa (12/1). Rahman meraih  gelarnya setelah  berhasil mempertahankan hasil penelitiannya selama 3 jam dalam sidang ujian promosi doktor.

Rahman,  yang juga bekerja sebagai dosen tetap di Yayasan Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) ini mengangkat judul penelitian, Efektivitas Pengambilan Keputusan Dalam Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di Kota Makassar.

Rahman menerangkan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sering kali menjadi alat propaganda politik para aktor politik yang sedang berkuasa untuk kepentingan dirinya atau kelompoknya. “Modus yang digunakan para aktor yang meliputi legislatif dan eksekutif dalam menggunakan APBD untuk popularitasnya seperti bantuan sosial atau dana aspirasi,” Terangnya.

Selain itu pemanfaatan sumber daya keuangan daerah yang  dituangkan dalam peraturan daerah tentang APBD untuk kepentingan elit politik yang diantaranya diwujudkan melalui belanja bantuan sosial dan anggaran aspirasi untuk masing-masing anggota DPRD, pada umumnya tidak berhubungan dengan urusan kewajiban daerah.

Dalam penelitiannya, Rahman menyarankan pihak pemerintah dan DPRD seharusnya memahami secara benar dan bijaksana tentang tugas pokok dan kewenangan yang melekat dalam setiap tahapan penyusunan RAPBD sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat.

Selaku pemimpin sidang, Asisten Direktur Bidang Akademik, Prof. Suradi Tahmir mengucapkan selamat atas penyelesaian studi yang dilakukan oleh Rahman. “Saya ucapkan selamat atas diaraihnya gelar terakhir dalam dunia pendidikan,” ucapnya.Sebelumnya, Rahman mendapat Indeks Prestasi Komulatif 3.86 dengan predikat sangat memuaskan.