Mahasiswa S2 PPs UNM Punya Kesempatan Kuliah Gratis di Australia

161

– Terbuka untuk jurusan Matematika, Bahasa Inggris dan Sains

Kabar bahagia untuk mahasiswa program magister (S2) Program Pascasarjana (PPs) UNM. Pasalnya, kesempatan untuk kuliah dengan bantuan program beasiswa di Australia terbuka lebar. Melalui program double degree, pihak PPs UNM berencana akan mengirim mahasiswa mereka yang dianggap memiliki kualifikasi terbaik untuk mengikuti perkuliahan selama dua semester di Deakin University Australia.

Perwakilan Deakin University Australia Prof. Ian M Robottom mengungkapkan program double degree ini hanya dikhususkan buat mahasiswa semester dua. Pasalnya, untuk semester tiga dan empat akan dilanjutkan di Australia. Selain itu, dia mengatakan tak semua program studi yang ada di PPs UNM juga dapat melakukan program double degree. “Hanya program studi tertentu saja, diantaranya prodi Matematika, Bahasa Inggris, dan Sains,” ujarnya di Kampus PPs UNM, (12/6).
Adapun syaratnya, mahasiswa yang bersangkutan harus memiliki sertifikat IELTS minimal nilai 6, rekomendasi dari UNM, dan memiliki LOA dari universitas tujuan.

Buat calon peserta program double degree, Ian mengatakan pihaknya akan lebih memprioritaskan buat mahasiswa S2 yang berstatus sebagai guru. “Bagi yang dinyatakan lulus mereka dipastikan akan mendapatkan dua ijazah yaitu dari Deakin University dan dari UNM,” tambahnya. Rencananya, mereka yang dinyatakan lulus akan mengikuti 6 mata kuliah dimana tiap semester terdiri atas tiga mata kuliah.

Sementara itu, Asisten Direktur 1 PPs UNM, Prof. Dr. Suradi Tahmir, M.Si mengungkapkan program double degree dengan pihak Deakin University harus segera direalisaikan. Menurutnya, program tersebut bisa menjadi program tahunan yang dapat dikembangkan. Rencananya program double degree bakal terealisasi pada November mendatang. Selain untuk program magister, program double degree Deakin University juga diperuntukkan buat mahaasiswa program strata satu.