Ketua STIEM Bongaya Raih Doktor di UNM

118
Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Manajemen (STIEM) Bongaya Makassar Muhammad Jusuf Radja berhasil meraih gelar doktornya di Kampus Program Pascasarjana (PPs) UNM, (28/12). Jusuf Radja meraih gelar doktoralnya setelah mempertahankan disertasi miliknya yang berjudul pengaruh kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja dalam meningkatkan pelayanan publik (Studi tentang pelayanan izin mendirikan bangunan di Kota Makassar) dalam bidang ilmu administrasi publik.
Dalam ujian terbuka tersebut, Jusuf Radja menyebutkan di Kota Makasar, ternyata masih kerap terjadi keluhan pelayanan publik dari masayarakat dalam mengurus IMB. Persoalannya, mayoritas diantaranya cenderung disebabkan oleh aparatnya  yang menjadi momok menakutkan, berbelitnya birokrasi, layanan tidak maksimal sehingga menyebabkan masyarakat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu. “Selain itu, dukungan sumber daya manusia yang ditempatkan pada bagian tehnis pun tidak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan,” ungkapnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, dengan kondisi tersebut tentu membuat pelayanan publik di Kota Makassar menjadi kurang maksimal. Padahal kata dia, kinerja pelayanan publik sesungguhnya dapat diukur dari prestasi kerja, pelaksanaan kerja, pencapaian kerja atau hasil, penampilan kerja dalam bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. “Manajemen SDM yang baik itu merupakan salah satu faktor kunci untuk mendapatkan kinerja dan simpati yang baik,” katanya.
Oleh karenanya, berdasarkan hasil penelitiannya, Dosen Kopertis Wilayah IX ini menyebutkan,  untuk kasus pelayanan publik di Kota Makassar, kualitas kehidupan kerja tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja publik maupun kepuasan kerja, tetapi tidak mempunyai korelasi penting dengan komitmen organisasi. Selain itu, komitemen organisasi tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja pelayanan publik, tetapi berpengaruh secara tidak langsung melalui kepuasan kerja.
Turut hadir selaku promotor, Prof. Dr. Amiruddin Tawe, Ko Promotor Prof. Dr. Syamsu Ridjal, Prof. Arif Tiro, Phd, Ketua Program Studi administrasi Publik Prof. Dr. Haedar Akib.
Sementara itu selaku ketua sidang, Direktur PPs UNM, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si mengatakan Jusuf Radja menjadi alumni ke 197 PPs UNM. Khusus untuk Prodi Administrasi publik dia menjadi alumnus ke 128. Mantan Pembantu ketua II STIEM Bongaya ini memperoleh IPK 3,80 dengan predikat sangat memuaskan.