Dosen STIE Nobel Raih Doktor di PPs  UNM

206

Dengan judul penelitian Analisis Penerapan Pelayanan Publik Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya kota Makassar, salah satu dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Makassar, Maryadi berhasil meraih doktor di Program Studi Administrasi Publik, Program Pascasarjana (PPs) UNM, Selasa (17/3).

Dalam promosi doktor yang dipimpin oleh Asisten Direktur bidang Sarana dan Prasarana, Prof Dr Andi Ikhsan, Prof Dr Muh Tahir selaku promotor, Prof Dr Salamun Pasda dan dr Muhammad akbar selaku kopromotor serta Prof Dr Haedar Akib, Prof Dr Muh Rifdan dan Dr. H. Muh Said Saggaf selaku tim penguji, Maryadi memaparkan hasil penelitiannya terhadap kualitas pelayanan RSUD daya.

Menurutnya dimensi kualitas pelayanan pada umumnya belum optimal dalam memberikan layanan kepada peserta Jamkesda. “Tingkat kepuasan peserta Jamkesda ditentukan oleh kualitas pelayanan, baik dari segi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati maupun pada segi bukti fisik,” paparnya.

“Dari segi keandalan, palayanan jamkesda belum optimal dilakukan secara tepat dan cepat dalam meningkatkan kepuasan kepada pasien jamkesda itu sendiri,” tambahnya.

Maryadi yang meraih Indeks Prestasi Komulatif 3,84 dalam sidang promosinya, menyarankan bagi pemangku kebijakan hendaknya memperhatikan dan mengevaluasi kinerja kualitas pelayanan untuk mengoptimalkan dan memenuhi kepuasan pasien kesahatan gratis.

Selain itu dalam desertasinya Maryadi juga meyarankan,  perlu ada peningkatan kualitas sumber daya tenaga medis, baik kompetensinya maupun keterampilan dalam bentuk pendidikan dan latihan untuk memenuhi kepuasan pasien jamkesda.

Sebelumnya,  Maryadi yang telah tujuh tahun mengabdi sebagai dosen di STIE Nobel ini menjadi doktor ke 307 PPS UNM dan doktor ke 177 program Studi Administrasi Publik.

Data Diri :
Nama: Dr Maryadi S.E., M.M
TTL: Jakarta, 14 Mei 1969
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Pekerjaan: Dosen STIE Nobel 2008 – Sekarang
Alamat: Jalan Tun Abdul Razak Komplek Multi Niaga N/16 Gowa