Ciptakan Model Pembelajaran PTSM BK, Dosen FT UNM Raih Doktor

204
Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Syafiuddin Parenrengi, meraih gelar doktor dalam bidang ilmu pendidikan di Program Pascasarjana (PPs) UNM setelah berhasil mempertahankan desertasinya pada sidang promosi doktor, Selasa (17/11).
Syaifuddin yang mendapat IPK 3,70, menerangkan hasil penelitiannya yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Sepeda MOtor Berbasis Komputer (PTSM BK) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK.
Menurut Syaifuddin, tujuan dari penelitiannya ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran teknik sepeda motor di SMK saat ini. “Nantinya pengembangan ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang diperuntukkan untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Sepeda Motor,” jelasnya.
Penanggungjawab laboratorium teknik sepeda motor FT UNM ini, juga memaparkan model PTSM BK yang  telah dikembangkan bersifat praktis. “PTSM BK yang telah dikembangakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK, khususnya kemampuan pada aspek kognitif,” papar Syaifuddin.
Selaku promotor, Dekan FT, Prof. Dr. Husain Syam mengatakan selama pembimbingan Syaifuddin selalu mendengarkan masukan yang dia berikan. “Saya apresisasi atas keberhasilannya, dia salah satu orang yang memiliki banyak pengetahuan terkait bidangnnya,” tuturnya.
“Jika saya minta satu maka Syaifuddin akan kasih saya dua, hal itu karena dia punya banyak hal yang bisa diberikan,” tambah Prof. Dr. Husain Syam.
Tak hanya Prof. Dr. Husain, Direktur PPs UNM, Prof. Dr. Jasruddin berpesan, Syaifuddin bisa terus mengembankan apa yang menjadi hasil penelitiannya. “Jika dikembangkan dengan baik, maka ini akan sangat bermanfaat,” ungakpnya.
Sebelumnya, selain Prof. Dr. Husain Syam dan Prof. Dr. Jasruddin, turut hadir pula Prof.Dr. Arifin Ahmad dan Dr. Abdul Muis selaku kopromotor, serta Prof. Dr. Andi Ihsan, Prof. Dr. Alimuddin Mahmud, Prof. Dr. Jufri, dan Prof. Dr. Herry Sumual selaku tim penguji.