Asisten Dosen Matematika Raih Doktor di PPs UNM 

283
Setelah sukses mempertahankan hasil penelitiannya, Ramlan Mahmud, yang pernah menjadi Asisten Dosen (Asdos) di Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama (FMIPA) UNM pada 2007, berhasil meraih gelar doktor di Program Pascasarjana (PPs) UNM, Selasa  (15/12).
Ramlan sendiri mengangkat judul Pengembangan Model Pembelajaran Sosial Berbasis Strategi Metakognitif Untuk Menumbuhkan Efikasi Diri Matematika Peserta Didik dalam penelitiannya.
Menurut Ramlan, penelitiannya tersebut bertujuan untuk memperoleh gambaran efikasi diri pada siswa dan gambaran pembelajaran matematika di SMA. “Pada penelitian ini juga diperoleh model pembelajaran sosial berbasis metakognitif yang valid, praktis, dan efektif,” tuturnya.
Selain itu, ramlan yang meraih IPK 3,91 pada sidang Prmosi doktornya menjelaskan, pada penelitiannya terdapat manfaat teoritis dan praktis. “Manfaat teoritisnya dapat menggambarkan profil dan hambatan pendidik, sedangakan salah satu manfaat praktisnya dapat menghsilkan model pembelajaran sosial untuk menumbuhkan kemampuan efikasi diri,” jelasnya.
Ketua sidang ujian promosi, Asisten Direktur Bidang Sarana Prasarana dan Keuangan, Prof Dr Ihsan, mengucapkan selamat atas gelar doktor yang telah diraih. “Saya ucapkan selamat, anda sudah menjadi doktor di PPs UNM,” ucapnya.
Tak hanya Prof Dr Ihsan, hadir pula Prof. Dr. Alimuddin Mahmud Selaku Promotor, Prof. Dr. Suradi selaku kopromotor, Prof. Arifin Ahmad, Prof. Dr. Nurdin arsyar, Prof. Dr. Hamsu Abdul Gani, Prof. Dr. Ismail Tolla dan Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto sebagai tim penguji.