PKL Antar Dosen Unhalu Raih Doktor di PPs UNM

219

 

Penelitian terkait Pedagang Kaki Lima (PKL) pada disertasinya, mengantar dosen Universitas Haluoleo (Unhalu), Abdul Rahman Bebasa, dalam meraih gelar doktor bidang Ilmu Administrasi Publik di Program Pascasarjana (PPs) UNM, Selasa (26/1).

Gelar doktor diraih Rahman setelah mempertahankan hasil penelitiannya yang berjudul Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sektor-sektor Informal Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam sidang promosi doktor yang dipimpin oleh Asisten Direktur bidang Akademik PPs UNM, Prof. Suradi Tahmir.

Menurut Rahman, salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam penelitiannya adalah mengetahui, menganalisis dan menginterpetasikan mekanisme hadirnya kebijakan yang digunakan dalam pengelolaan sektor informal khususnya PKL dalam perspektif pembangunan berkelanjutan.

“Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menginterpetasikan peran aktor dalam mengkoordinasikan tuntutan dan aspirasi warga berkaitan dengan pengelolaan kota bagi sektor informal,” jelas Rahman.

Selain itu, dalam penelitiannya ini Rahman mengatakan PKL di Kota Makassar dalam kegiatannya belum tertata dengan baik, sehingga menimbulkan gangguan terhadap lalu lintas, keindahan dan kebersihan lingkungan. “Pemerintah daerah perlu melakukan pembinaan kepada setiap PKL, sehingga semua terdaftar dan mendapat izin dari Pemerintah Kota Makassar itu sendiri,” sarannya.

Selaku ketua sidang promosi, Prof. Suradi mengucapkan selamat atas gelar yang diraih oleh Rahman. “ Saya rasa ini merupakan sebuah keberuntungan untuk Dr. Rahman karena dia berhasil meraih gelar doktor ke 200 untuk Program Studi Administrasi Publik,” tuturnya.

Tak hanya Prof. Suradi, turut hadir Prof. Rifdan dan Prof. H. M. Tahir Malik selaku kopromotor, serta Prof. Haedar Akib dan Prof. Andi Iksan Selaku penguji. Rahman sendiri mendapatkan Indeks Prestasi Komulatif 3.80 dengan predikat sangat memuaskan.